Wednesday, 25 July 2018 21:43

Mengapa Harus Menggunakan Grease Trap / Penyaring Lemak

Written by
Rate this item
(1 Vote)

Trap atau alat penyaring lemak ini biasanya digunakan untuk di rumah makan dan didapur . mengapa ? Karena rumah makan dan dapur rumah, menghasilkan banyak limbah lemak/minyak yang dibuang melalui sink drain dari tempat pencuci piring dan peralatan memasak. Jika tidak dibuang, maka lemak/grease akan menggumpal didalam pipa saluran pembuangan dan menyebabkan pengendapan & penyumbatan.

Produk Grease Trap ini biasanya dipasang dibawah kitchen sink dan berfungsi untuk menyaring lemak dan sampah padat agar tidak mengalir masuk ke dalam saluran pembuangan, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pipa saluran, pencemaran lingkungan dan mengganggu warga masyarat sekitar karena limbah minyak/lemak berbau sangat tidak sedap dan akan menyebar kemana-mana apabila sampai mengalir ke saluran got yang terbuka.

Jika limbah grease ini tidak ditangani secara tepat, akan menyebabkan :


* Saluran pipa akan tertutup oleh grease yang membeku. 
* Jika sampai keluar ke saluran kota, akan menyebabkan bau yang tidak sedap (pencemaran) dan dapat menimbulkan penyakit. 
* Jika sampai masuk kedalam Septic Tank, akan menganggu proses Septic Tank. 
 
Penyumbatan sudah parah di pipa saluran pembuangan utama
Lapisan minyak dan lemak ini sangat lambat diolah (dicerna) dan dipecah oleh mikroorganisme dalam proses pencernaan anaerobik. Namun, jumlah yang sangat besar minyak dari produksi makanan di dapur dan rumah makan bisa membanjiri tangki septik atau fasilitas perawatan, menyebabkan pelepasan limbah yang tidak diolah ke lingkungan. Selain itu, viskositas lemak yang tinggi dari minyak masak seperti lemak limbah dapur menjadi padat saat didinginkan, dan dapat bersama sama dengan limbah padat lain membentuk penyumbatan di pipa saluran.

Pengelolaan limbah minyak dan lemak dengan menggunakan Grease Trap adalah salah satu bagian yang terpenting dari waste water management (pengelolaan air limbah) dan saat ini telah digunakan di hampir semua proyek konstruksi, perumahan, apartemen, ruko/rukan, rumah makan, perkantoran, salon, & pabrik.

 

Jenis Grease Trap
 
Grease Trap ditempatkan dibawah kitchen sink
1. Yang paling umum adalah grease trap pasif, yaitu titik perangkat sederhana yang digunakan di bawah kompartemen bak cuci dalam dapur. Grease trap ini membatasi aliran dan menghapus 85-90% dari lemak dan minyak yang masuk. Makanan padat bersama dengan lemak, minyak, dan gemuk akan terjebak dan disimpan dalam perangkat ini. 
  

2. Jenis yang paling umum kedua adalah tangki in-ground berukuran besar, yang biasanya 500-2000 galon. Unit-unit ini dibangun dari beton, fiberglass, atau baja. Dengan sifat ukuran lebih besar, perangkat ini memiliki kapasitas penyimpanan lemak dan limbah padat yang lebih besar untuk aplikasi aliran limbah yang tinggi seperti pada restoran atau rumah sakit. Trap ini biasa disebut pencegat gravitasi (gravity interceptors). Perangkap / trap memerlukan waktu retensi dari 30 menit untuk memungkinkan lemak, minyak, gemuk dan limbah padat makanan untuk menetap di tangki. Semakin banyak limbah masuk ke tangki maka begitu pula air yang bebas lemak didorong keluar dari tangki.

 

3. Jenis ketiga yaitu sebuah sistem GRD (Grease Recovery Devices / Perangkat Pemulihan Lemak), menghapus lemak / minyak permukaan secara otomatis ketika terjebak.
 
Pembuangan grease

Ada dua jenis pembuangan lemak:,
 
1. Limbah minyak sayur / Waste vegetable oil (WVO) adalah minyak nabati yang digunakan dalam proses penggorengan jangka panjang suatu fasilitas. Ketika sebuah restoran mengganti minyak nabati mereka, minyak tua akan dimasukkan ke dalam wadah luar. Pengumpul limbah minyak sayur adalah komoditas yang dibayar, mengumpulkan limbah ini dari wadah tersebut. Limbah Minyak nabati (WVO) akan didaur ulang untuk digunakan di masa depan sebagai biodiesel. WVO juga biasa disebut minyak kuning (yellow grease).
 
2. Limbah dari grease trap pasif dan pencegat gravitasi disebut sebagai lemak coklat (brown grease). adalah makanan padat yang membusuk berkombinasi dengan lemak, minyak, dan gemuk (FOG). Lemak coklat dipompa keluar dari trap dan pencegat oleh truk pemompa minyak .Mayoritas lemak coklat berakhir di lokasi TPA. Fasilitas yang modern (sejak 2012) dan teknologi baru mulai memungkinkan grease coklat untuk didaur ulang.
 
Grease Trap Portable
 
Grease Trap Stainless 1 Filter
Grease Trap Stainless 1 Filter
Produk Grease Trap ini biasanya dipasang dibawah kitchen sink dan berfungsi untuk menyaring minyak/lemak dan sampah padat agar tidak mengalir masuk ke dalam saluran pembuangan, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pipa saluran, pencemaran lingkungan dan mengganggu masyarat sekitar karena limbah minyak/lemak berbau sangat tidak sedap dan akan menyebar kemana-mana apabila sampai mengalir ke saluran yang terbuka.
 

Saran memilih grease trap untuk unit apartemen sekelas GICA :

* Cukup dari bahan fiberglass, Harga Lebih Hemat VS Stainless
* Bahan anti korosi / karat ( terbuat dari fiberglass )
* Kuat puluhan tahun
* Anti lumut
* Warna lebih banyak.
* Model Simple dan Ringan.
 
Sangat cocok untuk Perumahan, Salon, Apartemen, Rumah susun, Restouran, Hotel, Mall, dll. 
 
Ukuran Grease Trap / Perangkap minyak / perangkap lemak dapat di sesuaikan dengan kebutuhan dari limbah air kotor yang di buang per hari nya. 
* Ukuran grease trap 20 liter ( ukuran P 38 X L 32 X T 28 cm ) untuk Apartemen
* Ukuran grease trap 30 liter ( ukuran P 47 X L 36 X T 32 cm ) untuk rumah
* Ukuran grease trap 60 liter ( ukuran P 68 X L 48 X T 42 cm ) untuk Rumah Makan.
 
Cara kerja nya antara lain sbb :
 
Semua air cucian dari dapur melalui Sink, akan mengalir masuk ke dalam Grease Trap Portable. Sampah padat bekas cucian akan tersaring pada Basket Strainer dengan diameter 2mm. Setelah melalui Basket Strainer, air + grease masuk ke ruang 2, grease akan naik ke permukaan air secara gravitasi karena berat jenis grease lebih ringan dari pada air. Kemudian, air yang berada dibawah grease akan keluar melalui pipa ke saluran kota. Sampah-sampah pada basket dan grease yang ada di permukaan air harus di bersihkan secara berkala.
 
Jadi, Grease Trap Portable ini akan menangkap lemak serta kotoran makanan sehingga tidak menyumbat saluran pipa pembuangan unit apartemen anda.
 
Jika produk Grease Trap fiberglass ini digunakan dalam apartemen, hotel, perumahan, salon, dan kantor cukup di bersihkan setiap 2-4 minggu sekali, dan jika produk ini digunakan di restoran, harap di bersihkan setiap 1-2 hari sekali ( atau disesuaikan dengan pemakaian ).
 
Bubuk Bakteri pengurai untuk Grease Trap untuk pengurai dan pengurangi bau sehingga dapat mengurangi retensi pembersihannya.
 
Semoga tulisan ini bisa sedikit menjelaskan kepada anda betapa pentingnya grease trap dan seharusnya sudah bisa diterapkan di apartemen kita ini.
 
Copy from : http://engineering4better.blogspot.com
Read 3796 times Last modified on Saturday, 04 August 2018 14:37

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.