Monday, 28 May 2018 09:03

Memilih kualitas stainless steel untuk peralatan restoran

Written by Peralatan Dapur Restoran
Rate this item
(0 votes)

Pemilik restoran atau pembeli peralatan restoran belum tentu memahami kualitas dari bahan stainless yang di pergunakan, sehingga terkadang sering menanyakan mengapa produk dari perusahaan A jauh lebih mahal dari produk perusahaan B dengan bentuk dan ukuran yang nyaris sama, penyebab perbedaan harga yang lebih dari dua kali lipat tentu nya ada sebabnya, kemungkinan terbesar adalah dari bahan pembuatnya yaitu kualitas dari stainless steel itu sendiri.

     Yang mungkin belum di ketahui adalah stainless steel juga termasuk dalam golongan baja yang bisa berkarat, namun yang membedakannya adalah kandungan karbon nya rendah, dan di tambahkan unsur chrome dan nikel sehingga bahan stainless lebih tahan terhadap karat, lebih keras dan kuat dari baja yang lain, oleh karena itu sangat cocok sebagai bahan peralatan restoran. Stainless steel sendiri mempunyai banyak jenis di pasaran tergantung kualitas dan daya tahan terhadap suhu tinggi,  korosi dan karat, untuk menyederhanakan maka yang di bahas kali ini adalah jenis yang banyak terdapat di pasaran yaitu sus 304 dan sus 201. Secara umum kedua jenis bahan ini berkualitas baik dan tahan karat sehingga dapat di pergunakan untuk bahan peralatan restoran.

     Beda utama dari kedua jenis stainless ini adalah komposisi cr (krom) dan Ni ( nikel) pada bahan pembuatnya, pada sus 201 terdapat kode produk ss 16/3 yang menginformasikan bahwa kandungan 16% krom dan 3% nikel, sedangkan sus 304 mencantumkan kode produksi 18/10 yang tentunya mempunyai kadar krom dan nikel lebih tinggi sehingga lebih tahan suhu tinggi dan karat, dan tentunya harga lebih mahal dari sus201, bahkan harga sus 304 hampir dua kali lipat dari sus 201, dan produsen  biasanya dengan bangga mencantumkan kode sus304 atau ss18/10 cr/ni dalam kode produksi nya agar konsumen mengetahui kualitas dari barang tersebut sebelum membeli nya.

     Karena harga bahan dasar yang hampir dua kali lipat dan proses produksi yang memerlukan tingkat kecermatan lebih tinggi tentunya menyebabkan harga jadi produk menjadi jauh lebih mahal. Oleh karena sus 201 juga memiliki daya tahan terhadap karat cukup baik maka untuk area restoran yang tidak berdekatan dengan laut cukup menggunakan sus 201, sedangkan untuk restoran yang berada di pingir pantai atau menggunakan air yang terkontaminasi dengan air laut untuk mengepel lantai atau mengelap peralatan maka sebaiknya menggunakan sus 304 yang memiliki ketahanan lebih baik. Namun banyak juga pemilik restoran yang memilih bahan 304 karena mengutamakan kualitas tinggi untuk restoran nya walau lokasi restoran jauh dari laut, tentunya hal ini tergantung dari anggaran yang di sediakan.

Read 2369 times Last modified on Wednesday, 30 May 2018 12:16

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.