Tuesday, 19 June 2018 03:33

Memulai Usaha di Bidang Makanan atau Usaha Kuliner

Written by Usaha Kuliner
Rate this item
(1 Vote)

Memulai Usaha di Bidang Makanan atau Usaha Kuliner

Pesatnya pertumbuhan ekonomi terutama di kota besar yang di tandai dengan banyaknya pusat perbelanjaan baru dan tuntutan masyarakat yang lebih menyukai hal hal yang praktis menjadi peluang bisnis bagi para pengusaha makanan, hampir semua usaha yang sebelumnya tidak memasukkan unsur makanan dalam usahanya mulai menambahkan fasilitas tambahan seperti food court, kantin, restoran, food corner atau sejenisnya, banyak yang dapat di jadikan contoh, misalnya sekarang ini restoran dapat di temukan di semua tempat dari mulai pinggir jalan, swalayan, mal, gedung perkantoran, apartemen, area bermain anak, tempat wisata sampai lapangan golf dan masih banyak tempat lainnya yang sekilas bila di lihat dari luar, orang mungkin tidak akan berfikir ada restoran di dalamnya. Banyaknya restoran menandakan banyaknya peminatnya di tambah lagi dengan sering terdengar kisah sukses para pendiri restoran atau pengusaha makanan yang merintis usahanya dari nol membuat banyak orang berlomba - lomba mencoba usaha yang sama.

Banyaknya restoran terkadang tidak sebanding dengan banyaknya pengunjung, kini para pengusaha  restoran di tuntut lebih kreatif dalam menjalankan usahanya untuk menarik minat pengunjung, karena ketatnya persaingan ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum membuka restoran, beberapa hal tersebut antara lain :

 

1. Produk

Adalah makanan yang akan kita jual, untuk pemula menjual produk orang lain tentunya lebih mudah dibandingkan dengan menjual produk sendiri, karena tidak perlu melakukan banyak promosi, produk orang lain yang di maksud adalah produk yang sudah terbukti laku selama bertahun - tahun dan dengan sistem penjualan yang juga sudah terbukti berhasil selama bertahun - tahun dengan kata lain franchise atau waralaba, dengan cara ini bisa di bilang kemungkinan anda berhasil di atas 90% apabila menerapkan sistem yang sama dan menjual produk yang sama. memilih franchise juga sebaiknya tidak hanya melihat murahnya fee atau murahnya harga produk, tetapi harus juga melihat berapa lama restoran tersebut berdiri sebelum akhirnya menjual sistem franchise? berapa banyak outlet yang sudah berdiri? berapa banyak yang berhasil dan berapa banyak yang gagal? lalu apakah pemilik francise tersebut memiliki tim yang kuat untuk membimbing pembeli franchise sampai berhasil?

Apabila memiliki produk sendiri yang harus di pertanyakan adalah apakah ada produk sejenis di pasaran? bila ada, apakah produk yang akan kita jual memiliki kelebihan di bandingkan produk lain? atau ada cita rasa tersendiri? banyak restoran menjual masakan yang hampir sama dan tetap berhasil, contohnya adalah masakan yang berbahan dasar ayam atau roti tidak terhitung jumlah restoran yang fokus menjual berbagai hasil olahan dari daging ayam dan tetap memperoleh laba begitu pula dengan toko roti yang semakin banyak belakangan ini.

Apabila produk makanan yang akan kita jual baru di pasaran Indonesia atau  meniru suatu makanan dari luar negeri yang belum ada di sini, sebaiknya melakukan promosi yang berkesinambungan untuk memperkenalkan makanan tersebut apabila berhasil tentunya hasilnya jauh lebih besar dari franchise karena anda tidak perlu membayar fee bahkan orang lain yang meniru langkah kita di haruskan membayar apabila kita berniat menjadikannya sebuah waralaba dan inilah yang di lakukan para pebisnis makanan yang sukses memulai dari nol kemudian menjual usahanya sebagai wara laba.

 

2. Tempat usaha

Sering kali menjadi faktor penentu keberhasilan sebuah restoran, makanan yang sebelumnya laku di tempat lain ternyata tidak laku di tempat yang baru, sering terjadi karena kurangnya waktu yang di sediakan untuk melakukan pengenalan pasar, tempat usaha berkaitan erat dengan makanan yang akan di jual, untuk awal memang sebaiknya membuka di mal atau pusat perbelanjaan yang memang pengunjung akan datang tanpa kita melakukan promosi, namun terbatasnya ruangan dan persaingan yang sangat ketat juga harus menjadi pertimbangan, untuk awal tentunya menyewa ruangan besar akan memakan modal yang cukup besar kecuali restoran yang akan di bangun merupakan pengembangan yang memang mengharuskan ruangan yang besar atau konsep yang di pilih memang seperti itu, banyaknya persaingan juga mengharuskan pemilik usaha memilih konsep yang tepat untuk menarik minat pengunjung.

Kenali calon pelanggan yaitu orang yang sering berkunjung atau melewati lokasi tersebut termasuk umur rata - rata, minat mereka, kesukaan, hobi dan kondisi keuangan mereka apakah cocok dengan makanan yang di tawarkan? apabila cocok barulah membuat sebuah promosi atau inovasi yang sesuai dengan hal - hal tersebut di atas, dengan cara tersebut di harapkan promosi tepat sasaran dan tidak membuang banyak biaya dan dapat bersaing dengan restoran lain. Apabila tidak cocok pertimbangkan untuk mencari lokasi lain atau menjual produk makan yang sesuai. 

 

3. Peralatan

Seiring dengan tuntutan pelanggan tentunya pelayanan juga harus di perhatikan, rasa, kebersihan makanan, kecepatan pelayanan menjadi faktor penting untuk membuat pelanggan menceritakan pengalamannya kepada orang lain lalu datang lagi dengan membawa calon pelanggan yang lain. Ini adalah strategi pemasaran yang sangat efektif dan minim biaya, oleh karena itu pilihlah peralatan dapur yang bersih yang terbuat dari bahan stainless steel dan pergunakanlah Dafta harga peralatan dapur restoran yang sesuai dengan kebutuhan restoran anda, Membersihkan peralatan restoran, mudah di gunakan, tahan lama dan aman dalam pemakaian dan dapat memenuhi kecepatan penyajian yang di perlukan. Dengan mamakai peralatan dapur berbahan stainless steel yang tentunya food grade tentunya dapat memenuhi kriteria tersebut. 

Global Mitra Teknindo juga menyediakan semua peralatan restoran yang anda perlukan untuk membuka usaha di bidang makanan seperti berbagai jenis kompor stainless, meja stainless, sink tempat mencuci peralatan, rak dinding, lemari stainless, exhaust hood atau cooker hood, gas grill atau pemanggang ikan, deep fryer atau penggoreng ayam atau kentang dan berbagai macam peralatan lainnya.

Global Mitra Teknindo juga menerima  pekerjaan pemasangan instalasi gas untuk restoran, instalasi ducting exhaust pembuangan asap dan pembuatan serta pemasangan unit, dengan kualitas terjamin, harga kompetitif dan layanan purna jual yang handal, "HARGA LOKAL KUALITAS IMPORT"  karena kami yang membuat, kami yang memasang dan kami yang menjamin peralatan dapur usaha kuliner anda. Global Mitra Teknindo siap membantu kesuksesan usaha anda. 

 Global Mitra Teknindo dapat di hubungi di nomer : 0813 1769 8478, 0877 0198 9383 (Sarwan).

 

Read 832 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.