Saturday, 28 July 2018 13:55

Desain Dapur Restoran Yang Baik

Written by
Rate this item
(0 votes)

Desain Dapur Restoran Yang Baik

Desain Dapur Restoran Yang Baik

Dapur untuk bisnis katering

Berikut beberapa tips yang harus diterapkan pada dapur untuk bisnis katering:
a. Bahan-bahan seperti ikan dan daging dagingan yang diolah harus berkualitas. Apabila kualitasnya sudah menurun, bahan bahan tersebut tidak boleh dimasak. lni akan berpengaruh pada rasa dan berbahaya bagi kesehatan.

b.Cara menyimpan bahan makanan pun perlu diperhatikan supaya higienis. Bahan makanan dipilih yang dapat disimpan di lemari pendingin dan yang tidak. Bahan yang belum diolah diberi pembungkus supaya tak dihinggapi lalat.

c.Rutinlah memeriksa dan mengecek kondisi kebersihan dan kesehatan lingkungan setiap enam bulan sekali, dari segi makanan, dapur, tempat penyimpanan barang, kondisi air, serta kondisi kesehatan karyawan.

d.Susunlah tempat penyimpanan barang karena jumlah kardus yang terlalu banyak membuat tempat penyimpanan barang untuk keperluan dapur terlihat kotor.

e.Untuk mempercepat proses pengolahan, rencanakan dapur lebih dari satu. Tiap dapur memiliki fungsi berbeda, yaitu dapur khusus mengolah masakan, menanak nasi, membakar ayam atau ikan, serta satu dapur untuk menyiapkan masakan untuk dibungkus atau dibawa ke tempat acara.

f.Satu bidang pekerjaan haruslah dikerjakan oleh orang-orang khusus. Dengan adanya pembagian pada masing-masing dapur. sangat membantu bila pesanan datang mendadak. Apalagi jika harus diselesaikan dalam waktu singkat. Jadi, semua dapat bergerak.

g.Kondisi dapur diupayakan selalu bersih dari kotoran. Saat memasak, perlu kehati hatian agar bahan makanan tak berceceran. Usai memasak, perabotan harus segera dibersihkan dengan dicuci, terutama meja dapur yang memakai bahan stainless steel.

Mengolah masakan di dapur katering

Berikut adalah cara mengolah masakan di dapur katering.
a. Untuk menjaga kualitas bahan-bahan berjenis ikan atau daging, hindarilah menyimpannya terlalu lama di freezer.
b. Sayuran dicuci sebelum dimasak. Bila tak langsung diolah, sayur dibungkus dengan daun pisang sebelum dimasukkan ke lemari pendingin agar tidak layu akibat terlalu dingin.
c. Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan ruang dapur dengan cara langsung membersihkan area dapur segera setelah memasak.
d. Dekatkan area penyimpanan dan pengolahan makanan, namun pisahkan area pengemasan di tempat tersendiri sehingga kebersihannya selalu terjaga.

Dapur untuk bisnis pastry

Model dapur pastry rumahan cenderung sederhana dan tidak memerlukan kitchen set. Anda dapat memaksimalkan dapur rumah untuk kapasitas pastry rumah tangga. Jika perusahaan pastry besar, buatlah dapur khusus untuk mengolah bahan-bahan, membakar atau menggoreng, mengemas dalam wadah-wadah, serta ruang mengepak. Selain itu, perhatikan kebersihan dapur agar pastry yang diolah juga menunjukkan rasa dan kelezatannya.

 

Sumber artikel : http://rumahmi.com/desain-dapur-restoran/

Read 1061 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.