Tuesday, 26 June 2018 04:47

Instalasi Gas Restoran

Written by Instalasi Gas Restoran
Rate this item
(0 votes)

Instalasi Gas Restoran dan Sentralisasi Gas LPG atau Gas Alam

Dalam suatu usaha restoran, hotel, cafe, rumah makan atau instalasi gizi rumah sakit atau bisnis makanan lainnya, bagian dapur adalah bagian terpenting dalam kegiatan pengolahan makanan dan penyediaan masakan untuk disajikan kepada customer. Didalam bagian dapur terdiri dari berbagai macam peralatan dapur baik peralatan dapur untuk persiapan seperti meja stainless, rak stainless, lemari stainless, tempat cuci piring stainless maupun kompor gas stainless untuk kegiatan memasak di restoran. Kompor gas stainless tentu memerlukan gas LPG untuk memasaknya. Penggunaan gas baik gas LPG maupun natural gas memiliki keuntungan yaitu lebih mudah didapatkan dipasaran terutama setelah diterapkannya pengalihan bahan bakar dari minyak ke gas oleh pemerintah, harga yang lebih murah dan bahan bakar gas lebih cepat dalam proses memasak, lebih bersih, lebih hemat dan aman untuk digunakan dengan didukung oleh sistem pengamanan yang memadai.

Instalasi gas restoran memerlukan perhatian khusus baik dari segi desain perhitungan tekanan gas yang diperlukan, jalur pipa gas untuk mendistribusikan gas ke berbagai peralatan masak restoran serta pengamanan atau safety terhadap bahaya kebocoran dan kebakaran dibagian dapur restoran tersebut. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan suatu sistem penyaluran dan instalasi gas pada sebuah restoran antara lain :

1. Sentralisasi dan instalasi Tabung Gas 

Di dalam dapur suatu usaha yang bersakala industri atau komersial biasa terdapat lebih dari satu peralatan memasak yang memerlukan gas untuk bahan bakarnya. Sebagai contoh untuk di bagian cooking area bisa terdiri dari peralatan masak seperti kompor gas stainless, meja kompor gas kwali range, kompor wok range, gas stock pot stove, gas stove burner, kompor stainless 2 tungku, kompor stainless 4 tungku, kompor stainless 6 tungku, gas wok range 1 burner, double gas kwali range, triple gas kwali range, belum ditambah dengan peralatan masak lainnya seperti gas charcoal griddle atau gas grill untuk memanggang ikan atau ayam, alat penggoreng ayam atau penggoreng kentang atau biasa disebut gas deep fryer, gas tepanyaki kalau di restoran tersebut ada menu tepanyaki, alat perebus mie dan perebus sayur dari bahan stainless steel atau gas noodle boiler, gas food warmer atau alat penghangat makanan yang bahan bakar nya dari gas LPG atau gas alam dan berbagai macam peralatan dapur lainnya yang kebanyakan menggunakan gas sebagai bahan bakarnya, baik peralatan dengan tekanan gas tinggi (gas high pressure), tekanan gas sedang (gas medium pressure) maupun gas tekanan rendah (low pressure).

Dengan banyak nya peralatan dapur yang memerlukan instalasi gas tersebut, maka Sentralisasi Instalasi Gas sangat dieperlukan untuk mendistribusikan gas keseluruh peralatan dapur dan peralatan masak, sehingga penyediaan atau supply gas menjadi lebih praktis, mudah, murah dan lebih aman. Instalasi Sentral Gas juga dibutuhkan mengingat kebutuhan gas yang sangat besar setiap harinya tentu membutuhkan banyak tabung gas yang banyak pula, dan akan merepotkan jika dipasang tabung gas yang terpisah untuk setiap kompor restoran, selain menjadikan ruangan semakin sempit. Dengan Instalasi sentral gas maka tabung-tabung gas bisa ditempatkan diluar area dapur untuk menghindari percikan api dari peralatan dapur dan menjadikan ruangan dapur menjadi lebih luas.

Instalasi Gas Sentral adalah pekerjaan pembuatan instalasi gas untuk peralatan masak di restoran, hotel, cafe, catering, rumah makan atau rumah sakit dimana beberapa tabung gas digabungkan melalui selang gas atau pigtail hose untuk kemudian disalurkan ke kompor gas restoran melewati regulator tabung dan diteruskan melalui instalasi pipa gas sentral yang terbuat dari pipa black steel seamless schedule 40 ketebalan 3 mm diameter 1", 1 1/2" dan 2". 

Terdapat dua tipe regulator untuk instalasi sentral gas yang digunakan, yaitu 1st stage regulator low pressure (berwarna krem) dan 1st stage regulator high pressure (berwarna merah). Pemilihan type regulator harus disesuaikan dengan jenis peralatan masak yang digunakan di dapur restoran, catering atau hotel tersebut. Apakah peralatan masak menggunakan gas tekanan rendah atau low pressure semua, atau kombinasi antara low pressure, medium pressure dan high pressure. Kapasitas regulator juga merupakan hal yang penting untuk diperhitungkan, hal ini berfungsi untuk memastikan tekanan gas di instalasi pipa tersebut sampai ke seluruh output kompor yang digunakan.

Instalasi Gas Sentral

Daftar peralatan untuk instalasi gas sentral :

  1. Tabung Gas
  2. Regulator Tabung Gas
  3. Selang Gas Flexible (Pigtail Hose)
  4. Valve 1/4"
  5. Pressure Gauge
  6. 1st Stage Regulator High Pressure
  7. Selenoide Valve
  8. Gas Alarm Detector
  9. Valve 1/2"

 

2. Pemasangan dan Instalasi Jalur Pipa Gas

Untuk menyalurkan gas dari sentral gas tabung menuju ke peralatan - peralatan masak restoran, catering atau hotel yang ada di dapur yaitu menggunakan pipa besi blacksteel seamless (tidak ada sambungan di dalamnya) schedule 40 dengan ketebalan 3 mm. Teknik penyambungan yang digunakan yaitu dengan cara di "las". 
Ukuran diameter pipa yang digunakan disesuaikan dengan volume gas yang akan di pergunakan dan panjang nya jalur pipa gas sampai ke peralatan dapur yang menggunakan gas. Hal tersebut bergantung pada banyaknya jumlah kompor dan tekanan gas yang digunakan pada kompor tersebut. Standar diameter yang digunakan yaitu 3/4" , 1" atau 11/4".

Untuk output / keluaran instalasi gas sentralnya akan disesuaikan dengan jenis kompor apa saja yang digunakan didalam dapur restoran dan regulator di sentral gas yang sebelumnya telah dijelaskan. Apabila jenis kompor yang digunakan didapur tersebut terdapat lebih dari satu jenis working pressure nya, misalnya ada kompor yang tekanan tinggi (high pressure), kompor medium pressure dan juga ada yang low presssure. Maka di output untuk jenis kompor low pressure akan digunakan regulator tambahan untuk merubah aliran gas dari high pressure ke low pressure. 

Untuk kompor yang menggunakan tekanan medium pressure atau high pressure, maka tidak diperlukan regulator tambahan tersebut, karena instalasi jalur pipa gas, tekanan gas didalamnya sudah sesuai dengan kebutuhan kompor high atau medium pressure. 

Agar bisa mengenali dan membedakan peralatan-peralatan masak dapur restoran, catering atau hotel itu membutuhkan tekanan gas seperti apa yang optimal untuk beroperasional. Jenis kompor berdasarkan tekanan gas yang digunakan dibagi menjadi tiga yaitu :

Low pressure       : Tekanan yang biasa di pakai pada kompor rumah tangga atau kompor restoran yang tidak memerlukan api besar atau panas tinggi seperti Deep fryer, gas grill, gas rice cooker, oven dll.

Medium pressure : Tekanan sedang untuk kompor kecil namun memerlukan kecepatan dan panas lebih tinggi. Sebagai contoh 4 burner stove medium pressure, stock pot stove. 

High pressure       : Tekanan tinggi untuk kompor yang memerlukan api besar dan panas yang tinggi seperti kwali range, high burner stove dll.

Instalasi pipa gas dipasang di dinding area dapur restoran dengan jarak dari dinding tembok 10-15 cm dan 15-20 cm di bawah plafond. Hal tersebut dibuat dengan alasan untuk memudahkan perawatan pipa apabila ada kebocoran, maka akan cepat diketahui dan mudah untuk proses perbaikannya. Apabila pipa gas ditempatkan di atas plafond, kebocoran akan sulit diketahui, dan apabila hal tersebut terjadi akan sangat berbahaya bagi keamanan.  Setelah sampai ke area dapur, instalasi pipa gas akan turun dan kemudian penempatannya akan berjalan di bawah peralatan dapur restoran, jarak 5-8cm dari lantai dan 20cm dari dinding apabila peralatan-peralatan restoran, catering atau hotel ditempatkan menempel di dinding. Tidak perlu di khawatirkan apakah pipa tersebut akan mentok atau terhalang, karena tinggi ambalan bawah dari peralatan-peralatan restoran, catering atau hotel ini 15cm dari lantai. Setelah pekerjaan instalasi pipa gas selesai dilakukan, dilakukan pengetesan tekanan menggunakan gas nitrogen sebesar 10 kg/ cm selama 1 hari untuk menjamin tidak ada kebocoran dalam pengelasan instalasi pipa gas yang telah dikerjakan. 

3. Pemasangan dan Instalasi Alarm System untuk Dapur Restoran

System pengaman instalasi gas terdiri dari bypass, panel kontrol dan detektor alarm gas. Semua bagian mempunyai tugas masing - masing dan menjadi kesatuan untuk menjalankan system berfungsi dengan baik. Berikut ini penjelasan dan fungsi dari bagian - bagian system pengaman instalasi gas :
 
  • Bypass
Bypass terdiri dari gas valve & selenoid valve. Selenoid valve berfungsi untuk menutup dan membuka aliran gas didalam instalasi. Selenoid valve ini terangkai didalam suatu instalasi yang disebut dengan "bypass". Bypass ini ada, dengan alasan apabila ada kebocoran, maka selenoid valve akan tertutup secara otomatis dengan pemutusan sinyal listrik yang dikirimkan oleh detektor alarm gas.
Karena selenoid valve pengaman ini bekerja dengan aliran listrik, maka apabila terjadi pemadaman listrik, otomatis selenoid valve juga akan tertutup. Kejadian ini maka akan menghentikan aliran gas dari tabung menuju instalasi pipa yang mengalirkan gas ke output-output kompor yang sedang digunakan.
Maka disinilah keuntungan adanya Bypass, kita bisa membuka gas valve yang ada dalam rangkaian instalasi bypass untuk melewati selenoid yang tertutup karena adanya pemadaman listrik tersebut. Bypass tersambung dengan instalasi sentral gas.
  • Panel Kontrol & Detektor Alarm Gas
Panel kontrol dirangkai dengan detektor alarm gas yang berada di sentral gas dan titik-titik output aliran gas (kompor & peralatan restoran lainnya yang menggunakan gas). Panel bekerja dengan aliran listrik, berfungsi untuk mengatur system kerja dari pengaman instalasi gas yang terdiri dari selenoid valve & detektor alarm gas. Panel kontrol ini dapat juga di hubungkan dengan panel gas induk alarm dari mall atau panel alarm kebakaran ( mcfa ) untuk memberi informasi letak tenant yang mengalami kebocoran gas agar segera mematikan aliran gas sentral yang ada di gedung.

4. Pemasangan dan Instalasi Kitchen Fire Supperssion System untuk bagian Dapur Restoran

5. Perawatan Instalasi Gas

Instalasi sentral gas yang sudah terpasang dan sudah beroperasi tetap harus diperhatikan perawatannya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan instalasi sentral gas antai lain :

  • Mengecek kondisi pipa jalur gas secara periodik untuk memastikan tidak ada kebocoran gas dijalur pipa terutama dibagian sambungan,
  • Mengecek cat pipa jalur sentral gas apakah ada yang terkelupas atau tidak untuk menghindari korosi terhadap pipa gas tersebut
  • Mengecek kondisi pigtail hose atau selang gas setiap penggantian tabung gas apakah ada yang kendor atau terindikasi bocor atau tidak
  • Mengecek kondisi regulator tabung gas dan semua regulator gas yang terpasang di instalasi gas dapur restoran.
  • Mengecek bagian pengaman instalasi gas seperti panel kontrol, gas detector, alarm system, bypass valve dan selenoide valve apakah masih dalam kondisi normal atau ada indikasi kerusakan.
  • Melakukan simulasi kitchen fire alarm system dan kitchen fire supression system secara periodik apabila terdapat kedua system tersebut didalam instalasi gas dapur sekaligus mengecek semua peralatan instalasi gas yang terpasang, untuk menjamin bahwa semua peralatan instalasi sentral gas berjalan dengan normal.

 

Kami berpengalaman mengerjakan instalasi gas restoran, cafe, hotel, catering, rumah makan, rumah tangga, rumah sakit dan usaha kuliner lainnya yang didukung oleh para pekerja muda dan professional dibidangnya. Kami juga mengerjakan kitchen fire alarm system dan kitchen fire suppression system sehingga utilitas dan instalasi gas di dapur anda dapat dideteksi dengan mudah dan menjamin kemanan instalasi gas dapur di restoran atau di usaha Anda.

 

Silahkan langsung menghubungi kami di 081317698478, 087701989383, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. untuk membantu desain dan instalasi pekerjaan jalur gas di restoran Anda.

Read 2402 times Last modified on Tuesday, 26 June 2018 11:11

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.