Tuesday, 19 June 2018 02:55

Merawat Kompor Gas Restoran

Written by Kompor Gas Restoran
Rate this item
(1 Vote)

Merawat Kompor Gas Restoran

Merawat Kompor Gas RestoranBentuknya yang besar dan pemakaian yang sering dalam waktu yang lama,  menyebabkan perawatan untuk kompor restoran berbeda dengan merawat kompor rumah tangga, yang harus di perhatikan dalam merawat kompor yang bekerja berat adalah : 


- Bersihkan dan periksa sambungan dari instalasi gas ke kompor  selang, keran, regulator minimal sebulan sekali  ( Jangan tunggu sampai bocor ), segera ganti selang gas dengan yang baru bila terdapat bagian yang retak atau patah dan selang berkurang elastisitasnya, pilihlah selang gas berkualitas tinggi, kencangkan klem pengikat selang dengan kuat, kesibukan dapur restoran menyebabkan perawatan untuk bagian ini sering terabaikan,terutama selang gas.  selain ukurannya yang kecil, selang gas juga biasanya terletak di bawah dan di sembunyikan sehingga luput dari pandangan. Namun apabila terdapat kebocoran dan pada instalasi gas tidak terdapat alarm pendeteksi kebocoran, di khawatirkan gas yang keluar dapat menimbulkan sambaran api dan karena letaknya di bawah maka dengan mudah akan menyambar benda benda lain di atasnya dan tentunya berbahaya dan dapat menimbulkan ledakan.

- Bersihkan burner , burner adalah bagian kompor dimana gas berubah menjadi api melalui lubang lubang kecil yang berjumlah banyak, panas yang di hasilkan burner sangat bergantung dari kelancaran gas melalui lubang ini, apabila tersumbat selain api menjadi merah, api juga dapat mengecil dan memperlambat proses memasak.

 

Bersihkan dan kencangkan socket kabel, Untuk kompor yang menggunakan bantuan listrik sebagai kontrol atau pemanas seperti oven dan fryer sering kali kompor sulit di hidupkan terutama saat jam sibuk dan masalah yang paling sering adalah kabel atau baut socket tidak kencang atau mengendor akibat dari panas kompor itu sendiri, sebaiknya saat membersihkan kompor jenis ini juga di perhatikan baut baut kabel yang tampak mengeluarkan warna hijau yang menandakan bahwa baut atau socket tidak kencang.

Bersihkan lubang sprayer, lubang kecil untuk mengeluarkan gas hanya berukuran 1-2 mm terdapat di bagian dalam kompor tergantung jenis kompor dan besar api yang di keluarkan, dengan lubang sekecil itu tentunya mudah tersumbat apalagi apabila kompor memakai gas rumah tangga yang sering ganti tabung dan memakai regulator biasa yang tidak memiliki saringan untuk menjaga sistem pipa kompor tidak kemasukan kotoran.

Memperbaiki kompor dengan thermo cuople 

Banyak sekali kompor restoran yang menggunakan thermo couple atau thermo pile sebagai pengaman, thermo couple ini berfungsi untuk mengamankan agar gas besar tidak keluar apabila api pilot tidak menyala. Api pilot yang menyala akan memanaskan thermo couple dan setelah thermo couple panas maka aliran gas terbuka, aplikasi ini biasanya tersedia di kompor yang dapat hidup dan mati secara otomatis berdasarkan suhu seperti deep fat fryer dan oven. Namun karena fungsi nya yang cukup besar dalam faktor keamanan sehingga thermo couple juga di gunakan untuk jenis kompor lain bahkan kompor rumah tangga modern namun terutama kompor komersial yang di pergunakan di restoran atau cafe. Thermo couple sedikit sulit untuk mencari di pasaran oleh karena itu pastikan kerusakan dengan mencoba mengencangkan baut socket terlebih dahulu, bila masih tidak berfungsi kemungkinan besar thermo couple rusak, atau anda dapat menggunakan multi tester digital.

PT. Global Mitra Teknindo juga memperbaiki peralatan restoran anda yang mengalami kerusakan dengan garansi 3 bulan,  hubungi kami segera  0813 1769 8478, 0877 0198 9383 ( Sarwan ).

Read 1405 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.